7 Alasan Memanah Bagi Kaum Hawa

Memanah adalah salah satu olahraga yang dianjurkan Rasullallah selain berenang dan berkuda. Nah,
bagi kakak-kakak kaum hawa yang masih maju mundur mau nyobain memanah, berikut ini saya share
beberapa alasan yang bisa dipertimbangkan untuk memantapkan hati memulai olahraga ini :

1. Olahraga Sunnah
Memanah adalah salah satu olahraga yang dianjurkan Rasulallah, maka insyaallah melakukannya “living sunnah”, menghidupkan sunnah Rasulallah. Seru kan, udah sehat berolahraga dan dapat pahala pula insyaallah

2. Outfit flexible
Olahraga ini tidak terlalu dinamis seperti olahraga lain pada umumnya. Nggak perlu loncat-
loncatan, lari-larian, dan jungkir balik saat melakukan olahraga ini. Sikap seorang pemanah
ketika akan melesatkan anak panahnya cukup dengan berdiri ditempat dengan posisi kaki steady sesuai teknik. Dan jebreet, anak panah dilepaskan dan melesat menuju target. Jadi pakai rok atau gamis pun aman.

3. Friendly for Moms to be
Karena olahraga ini tidak terlalu dinamis, Ibu-ibu hamil dengan usia kandungan sehat dan sudah cukup kuat pun bisa memanah. Saya sendiri pernah memanah bersama ibu-ibu hamil yang pada saat itu usia kandungannya 4 dan 6 bulan. Salah satu dari Ibu ini bahkan berprofesi sebagai Dokter.

4. Release stress
Sama seperti olahraga lain pada umumnya. Olahraga ini bisa membantu kita melepaskan kepenatan hidup (Duh, berasa berat banget yak hidup TT ). Manusia hidup pasti ada penatnya dong, apalagi kita yang mudah esmosian. Olahraga ini melatih ketenangan dan konsentrasi kita. Setelah anak panah dilesatkan ke target, perasaan lega, bahagia seolah lepas begitu saja.

5. A Mom, A Coach
Ibu adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya. Guru yang mengenalkan anak pada dunia sementara yang akan ia tinggali. Ibu yang mengajarkan kita bicara, merangkak, berjalan, belajar menyayangi, dan hal lain untuk pertama kali. Jadi seru kaaan kalau yang pertama kali mengenalkan dan mengajarkan salah satu olahraga sunnah ini juga Ibunya sendiri.

6. Not Eksklusive (anymore)
Kalo dulu, olahraga ini dianggap eksklusif. Beli alatnya saja sudah cukup meringankan berat dompet, belum lagi harus punya lokasi memadai untuk latihan agar tidak membahayakan. Jadi hanya kalangan tertentu yang bisa mencicipi olahraga ini. Jadi pertimbangan berat juga untuk kita-kita kaum hawa yang punya darah manajer keuangan (rumah tangga) bukan?! Mesti menyusun prioritas sedetail mungkin demi keberlangsungan hidup sekeluarga. Nah memanah ternyata tidak se-eksklusif itu loh, sekarang kalau mau memanah dan belum punya perlengkapannya kita tinggal join di klub-klub yang tersebar di seluruh Indonesia. Sudah banyak kok klub yang menyediakan busur dan anak panah untuk latihan. Pun kalau mau punya sendiri, kita juga bisa loh arisan perlengkapan memanah dengan teman-teman, ya ga?! kan seru arisannya sambil manah. Jadi insyaallah memanah ga menguras uang jajan kita.

7. Alternatif kegiatan positif

Nah untuk kakak cantik yang jomblo, panahan ini emang nggak bisa ‘memanah hati’ sih, tapi insyaallah bisa  jadi alternatif kegiatan baik untuk mengisi hari. Dari pada pacaran mending kita panahan 😉

Jadi, yuk manah!

 

IMG_20170726_171410.jpg
Depok

Leave a Reply