Aliran Rasa : Komunikasi Produktif

Di Kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional (IIP) yang saya ikuti, setiap peserta awal bulan ini diberi tantangan untuk mempraktikkan materi pertama yang diterima, yaitu komunikasi produktif. Setiap peserta diminta untuk membuat “family forum” dan memilih salah satu anggota keluarga untuk melakukan komunikasi produktif selama minimal 10 hari dan menceritakannya dalam bentuk narasi pendek sebagai laporan mengenai hal menarik apa saja yang didapatkan dan perubahan apa yang terjadi saat melakukan komunikasi produktif.

Alhamdulillah saya bisa menyelesaikan tantangan selama 17 hari berturut-turut. 17 hari tersebut terus terang membuat saya banyak berkaca atas sikap dan lisan saya pada partner komunikasi yang saya pilih, suami saya. Bahkan sempat ada drama juga yang menghiasi komunikasi kami di hari-hari tertentu. Drama yang membuat saya mewek, tapi berakhir dengan hangat.

Mungkin 17 hari ini apa yang saya lakukan belum maksimal, tapi memberikan pelajaran bagi saya bahwa komunikasi bukan hanya soal bicara semata, tapi juga bagaimana sikap dan adab menggunakan rasa dan cinta.

Thank you, Partner! This badge is ours

 

Badge yang saya peroleh dari kelas ini hanya sebagai simbol apresiasi atas usaha saya selama 17 hari ini. Tapi apresiasi yang sebenarnya saya dapatkan dari cinta partner komunikasi produktif saya yang nggak lain adalah partner hidup saya. Partner saya komunikasi sampai tua insyaallah. Menua bersama. Pasangan sehidup dan sesurga, insyaallah.

Thank you IIP

Tantangan pertama, DONE.

Leave a Reply