Aliran Rasa – Melatih kemandirian

Alhamdulillah
Alhamdulillah
Alhamdulillah ….
Tantangan ke-2 kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional selesai sudah. Di tantangan kedua ini, peserta mengaplikasikan materi “melatih kemandirian” sesuai dengan kebutuhan masing2 keluarga.
Selama 10-17 hari peserta diminta melatih kemandirian kemampuan tertentu untuk anak-anaknya di rumah dan melaporkannya dalam bentuk tulisan. Berhubung my baby masih di dalem perut belum launching, saya mengajak suami secara bergantian melakukan tantangan ini.
Saya dan suami memutuskan secara bergantian melatih kemandirian memasak untuk saya dan untuk suami menyiapkan buah potong serta meletakkan kembali handuk setelah digunakan. Kemampuan ini kami sepakati bersama sebelum hari tantangan dimulai 30 November lalu.
Alhamdulillah secara bergantian atau pada hari yang sama, saya dan suami bisa melakukan apa yang kami rencanakan selama 17 hari tersebut semaksimal mungkin. Ada juga memang beberapa kendala yang membuat saya atau suami gagal melaksanakan yang kami rencanakan. But we’ve give our best.
Tantangan selama 17 hari ini juga menjadi media untuk saya dan suami bisa belajar berkomunikasi produktif. Kami belajar saling mengingatkan komitmen kami melatih kemandirian masing-masing dengan kasih sayang dan tentunya keikhlasan. Ada saatnya juga dimana apa yang saya coba lakukan dalam rangka mengingatkannya tak berhasil.
Selama 17 hari ini kami juga mendapat gambaran bagaimana nantinya kami melatih kemandirian anak kami. Bagaimana pun, sebagai orangtua, menjadi tauladan bagi anak-anaknya adalah penting. Sebelum melatih kedisiplinan mereka kelak, kami sebagai calon orangtua juga melatih kemandirian kami sebagai orangtua.
Terimakasih pak suami yang sudah menjadi partner tantangan…
Terimakasih IIP yang sudah memberi kesempatan saya dan suami melatih kemandirian bersama…
Badge apresiasi dari IIP
#aliranRasa
#Tantangan10Hari
#Level2
#KuliahBunSayIIP

#MelatihKemandirian

 

Leave a Reply