Buat mainan sendiri?siapa takut!

Siapa yang nggak senang bermain?semua tentu senang. Terlebih anak-anak. Dirumah saya senang bermain dengan adik paling bungsu saya, babang, begitu panggilannya. Selain bermain dengan teman-temannya, biasanya kami juga punya waktu khusus untuk bermain berdua. Sekarang doi kelas 4 SD. Kadang kami bermain ultraman-ultramanan, saya menjadi monster dan babang ultramannya. Kadang bermain lego, saya membuat rumah dan babang membuat kapal/helicopter. Maklum, babang anti-mainstream. Disaat anak lain memilih mobil/motor sebagai kendaraan pribadi, doi membuat kapal/helicopter sebagai kendaraan pribadi. Kadang kami bermain dongeng-dongengan, jika saya yang mendongeng babang mendengarkan dengan antusias, begitu juga sebaliknya. Kadang kami bermain puzzle, menggambar bersama, bongkar-bongkaran barang dan banyak kegiatan lainnya.

Salah satu kegiatan yang menyenangkan dilakukan bersama adalah membuat mainan dari barang-barang bekas. Kami bisa berkreasi bebas membuat mainan yang diinginkan. Barang-barang bekas di rumah kami kumpulkan bersama. Biasanya Babang yang menjadi designernya. Doi yang menentukan mau buat mainan apa dengan barang-barang bekas yang tersedia. Setelah mencoba-coba dan ditentukan mau membuat apa, kami merakitnya menggunakan lem yang dicairkan menggunakan alat semacam pistol yang disambungkan ke listrik. Setelah semua barang selesai dirakit dan menjadi mainan, kami warnai menggunakan pilox. Taraaa…. sudah selesai.

IMG_20140115_190010
Ini salah satu mainan buatan kami, pesawat pengintai. Terbuat dari beberapa potongan pipa, casing handphone, tutup botol, VCD, dan barang perintilan lainnya.

Mainan diatas kami buat ketika saya pulang ke rumah (sekarang kami tinggal terpisah). Sekarang tanpa saya ia sudah bisa mencoba membuat mainannya sendiri. Biasanya masih diawasi dan dibantu adik perempuan saya yang sudah kuliah mengingat alat rakit yang digunakan menggunakan sambungan listrik. Setelah jadi mainan bekas ini lebih banyak dipajang saja. Kalau pun dimainkan perlu hati-hati sekali karena jika dihantam-hantamkan/diadu dengan barang lain rentan rusak. Maklum karena mainan ini rakitan dari barang-barang bekas. Jadi perlu di rawat dan digunakan dengan baik. Ini juga jadi bahan belajar buat Babang supaya menggunakan mainannya dengan bijak.

Nah, punya barang-barang bekas dirumah? Coba yuk ajak anak/adik kita berkarya membuat mainannya sendiri!

IMG_20130716_131734
Robot ini rakitan dari barang bekas. Kami beli sekitar setahun yang lalu saat menghadiri Olimpiade Taman Baca Anak di Ragunan. Salah satu yang menginspirasi Babang untuk membuat mainan sendiri.

*tulisan ini bagian dari 4in1

3 Comments

  1. {jasa pembuatan toko online| jasa pembuatan website | jasa pembuatan website toko online| toko online}

    2 September, 2014 at 1:55 pm

    Many thanks another wonderful article. The place different might anybody get that type of information and facts in that ideal approach to creating? I’ve a business presentation pursuing 1 week, and I am for the try to find similarly info.

  2. Moses

    9 September, 2014 at 6:29 am

    I read a lot of interesting content here.
    Probably you spend a lot of time writing, i know how to save you a
    lot of time, there is an online tool that creates high quality,
    SEO friendly posts in seconds, just search in google – k2seotips
    unlimited content

  3. weight loss

    7 January, 2015 at 8:15 am

    Interesting posts you post on your blog, i have shared this post on my twitter

Leave a Reply