Day 5 – Semua Anak adalah Bintang

Dalam sehari, banyak banget yang bisa membuat anak saya, Umar (15mo)  yang insyaallah Sholeh ini bahagia. Salah satunya adalah main air. Anak mana yang menolak bermain air?semua happy including him.
Mau cuci tangan sebelum makan aja ketawa begitu tangan menyentuh air di wastafel. Lihat kucuran air di kran kamar mandi aja heboh sampai mencoba menangkap air yang mengucur. Lihat Uminya cuci beras aja langsung membesar matanya, lalu mendekat minta ikutan juga. Sampai-sampai sekarang, setiap Uminya ke toilet buat BAK pun doi mau ikut, mainin air di ember penampungan. Belakangan, ketika hujan sesekali mampir, seorang Umar yang energik, aktif dan ga mau diem saat main bisa tenang lama menatap hujan turun. Oh nak, begitu mudah matamu berbinar-binar.
Hari ini Umar dan Umi punya proyek saat jam mandi.
“Ayo Umar, kita main air , mandiin bola-bolanya yuk…” ajakku di depan pintu kamar mandi. Berharap Umar segera menghampiriku. Yess, typically anak seumurnya ya mungkin, Umar sekarang kalau mau mandi harus dibujuk. Gabisa tuh dipaksa. Karena memaksa iiiis useless. Di kamar mandi yang ada doi berontak. Dan sedari dulu jaman bayi kala masih nurut aja sampai sekarang uda bisa setuju dan geleng kepala, saya membiasakan mengajak dan menanyakan persetujuannya untuk mandi.
Saat mandi saya sengaja menyediakan dua ember kecil. Salah satunya saya letakkan di bawah kran air yang mengucur. Satunya lagi dibiarkan kosong.
“Yuk Umar, kita isi airnya…” seruku.
Umar dengan semangat 45 mengambil gayung besar dan dengan kedua tangannya bersusah payah mengambil air di ember berisi air lalu dipindahkan ke ember kosong disebelahnya. Iseng melihatnya bersusah payah demikian, akhirnya kuganti gayung besar dengan gelas kecil. Kali ini dengan cepat ia memindahkan airnya. Tanpa kesulitan dengan daya tampung dan ukuran wadah. Sesekali ia berhenti memindahkan air dan melihatku di belakangnya, lalu tertawa dan senyum-senyum. Memamerkan kebahagiaannya pada Uminya. Makasih ya nak, sudah bahagia. Umi juga bahagia❤.

Leave a Reply