I Know You

Cerita A, B dan I :

A : gimana reaksi I setelah lu bilang gitu?

B : biasa aja sih komentarnya, tapi kayanya dia sempet kaget gitu deh pas gw bilang ke dia

————-

Pernahkah mengalami momen yang dialami B seperti cerita ABI diatas? Mengenai bagaimana B merasa I kaget atas apa yang B sampaikan meski I tidak menyatakan demikian?

Mungkin kita merasa menangkap reaksi perubahan ekspresi atau bahasa tubuh dari lawan bicara setelah apa yang kita sampaikan. Perubahan ekspresi atau bahasa tubuh yang kita tangkap tersebut membuat kita menambahkan kesimpulan atas informasi tertentu yang kita peroleh darinya.

Berkaitan dengan ekspresi, jika kita menangkap perubahan ekspresi sepersekian detik yang kita lihat pada lawan bicara kita bisa jadi itu merupakan kebocoran perasaan. (Jadi bukan genteng saja yang bisa bocor, perasaan kita juga bisa bocor, so becareful 😀 ). Kebocoran perasaan ini bisa disebut mikroekspresi. Ekspresi singkat pada wajah yang menggambarkan perasaan dan kondisi emosional.

Menariknya, mikroekspresi ini sangat sulit dimanipulasi. Lebih lengkapnya mengenai mikroeskpresi dan yang berkaitan dengannya bisa dibaca di buku berjudul “I Know You” tulisan @daudantonius dan Tim @psikologID.

Penjelasan dalam buku 168 halaman ini sederhana dan mudah dicerna serta dipraktekkan langsung. Selain itu buku ini juga membantu kita lebih memahami emosi, intuisi, eye contact, dan karakter sehingga kita bisa membangun hubungan yang baik dengan lawan bicara.

Salah satu yang menarik lagi dari buku ini adalah kita bisa mulai belajar membaca bahasa tubuh dari diri kita sendiri. Misalnya kalau selama ini kita gugup atau berbohong, apakah masuk k edalam salah satu ciri bahasa tubuh yang dibahas dalam buku ini, bisa kita ketahui.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Keterangan lain mengenai buku :

Judul : I Know You
Penulis : @daudantonius dan Tim @psikologID
Penerbit : Loveable, 2014
Jumlah hal. : 168 halaman

Keinginan untuk “membaca pikiran” orang lain dan mengetahui ia berbohong atau tidak, juga merupakan hal yang secara alami selalu ingin kita ketahui. Dan ternyata, bahasa tubuh adalah jalan untuk mengerti dan mengenal dua hal, yaitu diri sendiri dan juga orang lain. I Know You.

Leave a Reply