Jadikan rumahmu rahim penghafal Alquran

 
Buku ini salah satu rekomendasi Kaka saya. Ga ragu baca buku rekomendasi doi. Karena kami tumbuh bersama dengan saling tukar buku bacaan dan teman main ke toko buku. 

Dokumentasi pribadi

Buku setebal 160 halaman ini menceritakan pengalaman Bapak Mulyo dan istri membersamai anak-anaknya menghafal Alquran. Pendampingan Pak Mulyo ke anak-anaknya ini menggunakan metode mata hati yang kemudian diterapkannya juga di pondok tahfizh miliknya. Harapan besarnya adalah setiap rumah memiliki minimal satu penghafal Alquran. Keseriusannya dibuktikan juga dengan berhasilnya ia menjadikan 7 dari 8 anaknya hafizh (dan Hafizah) Alquran 30 juz. MasyaAllah, kereen bukan?!

Dalam buku ini juga ada bab khusus yang ditulis oleh anak-anaknya. Berisi pengalaman mereka masing-masing dalam menghafal Alquran dan gambaran aktivitas yang mereka jalani. 
Sebagian bab dalam buku ini berisi penjelasan teknis metode menghafal Alquran mulai dari apa yang harus dipersiapkan sebelum menghafal, langkah-langkah menghafal, hingga bagaimana menjaga hafalan Alquran. Detail mengenai contoh rincian target hafalan Alquran pun ada di buku ini. Misalnya jika sehari kita menghafal 5 baris, perkiraan hafal 30 juz adalah 1800 hari atau 6 tahun. Jika 1 halaman butuh waktu berapa lama dan jika 1 lembar butuh waktu berapa lama. 


Menariknya, Pak Mulyo dan Bu Nasiyah (istri beliau) sendiri yang membersamai anak-anak mereka hingga menjadi hafizh Alquran. Padahal keduanya belum hafal Alquran sepenuhnya. Karena azzam yang kuat untuk membentuk generasi Qurani, mereka membuat jadwal dan mendisiplinkan anak-anak mereka hingga menjadi para penghafal Alquran. Tujuh anak loh! Bukan hanya satu atau dua. MasyaAllah! Salut!


Jadi, buku ini bisa menginspirasi kita untuk menjadikan keluarga sebagai basis utama melahirkan generasi penghafal Alquran. Selain berisi tips dan pengalaman keluarga pak Mulyo, terdapat penjelasan mengenai keutamaan menghafal Alquran. Jadi kalau kita masih bingung “mengapa kita menghafal Alquran?mengapa anak-anak kita jadikan penghafal Alquran?” dibuku ini mungkin bisa kita temukan jawabannya. 

Judul buku : Jadikan rumahmu rahim penghafal Alquran 

Penulis : Mulyo Nugroho Sarwoto, Msi. dan Muhammad Lili Nur Aulia, S. Ag. ME.

Penerbit: Ihsan Parenting 2019

Leave a Reply