Jurnal 5 : Kelas favoritku dan teman-teman

Alhamdulillah. Ga berasa sudah sampai di minggu ke-5 kelas Bunda Cekatan. (eh, ga berasa?are you sure?hehe). Sekarang, rutinitas tambahan suamiku di hari senin adalah melemparkan pertanyaan retorik berisi peringatan “kamu besok deadline tugas kan sayang?”. Eaaa… kalau belum nyicil tugas, langsung deh kalang kabut saya. Haha. Alhamdulillah biasanya senin saya udah nyicil tugas dan tinggal finishing atau submit.


Minggu ini sama serunya dengan minggu-minggu sebelumnya. Setelah berkelana mengelilingi kebun apel kini saatnya istirahat di camping ground hutan pinus. Tugas besar minggu ini adalah menceritakan kelas favorit pribadi dan mengajak 5 teman untuk camping bersama dan menanyakan ap akelas favorit mereka serta alasannya. Wow!


Mari kita mulai dengan kelas favoritku. sampai dengan saat ini, kelas yang saya ikuti hanya kelas manajemen waktu (keluarga uluwatu). Mengapa ga ambil kelas lain? Karena saya merasa saja harus tetap berada disana dulu sembari mengaplikasikan yang saya peroleh disana. Baru setelahnya beranjak belajar di kelas lain yang juga ada dalam peta belajar saya. Contohnya seperti manajemen emosi. Saya merasa ketika manajemen waktu saya berantakan, manajemen emosi pun juga turut tersulut. Jadi mudah banget moody dan sumbu pendek. Oleh karena itu sampai dengan waktu yang belum ditentukan, saya merasa harus focus dulu di kelas manajemen waktu. Padahal mah, rasa ingin tahu untuk icip-icip materi lain sungguh besar godaannya. Haha. Apalagi kalau ngeliat potluck materi yang bertebaran di group facebook, beeh, yang nggak ada di peta belajar pun rasanya pengen banget dipelajari. Harus banget berpegang teguh sama mantra yang pernah disampaikan Bu Septi “menarik tapi tidak tertarik”.


Nah, jadi kalau ditanya apa kelas favorit saya? Jawabannya adalah kelas manajemen waktu. Selain kelas besarnya, saya juga bergabung ke tiga kelas kecil dari manajemen waktu. Yaitu kelas metode bullet journal, manajemen waktu ibu bekerja ranah domestik, dan manajemen waktu dalam Islam. Kalau ditanya mana yang favorit diantara kelas kecil ini jawabannya adalah kelas yang terakhir saya sebutkan. Banyak banget poin yang membuat saya pribadi sadar bahwa selama ini seringkali lalai khususnya soal waktu. Ibadah ga diawal waktu, ga melibatkan Allah dalam perencanaan kegiatan harian, adalah beberapa diantaranya.
Setelah tahu apa kelas favorit saya dan alasannya, secara random saya berkenalan dengan teman-teman Bunda Cekatan yang berasal tidak dari regional yang sama dengan saya. Mengapa tidak dari regional yang sama? Karena ya terus terang saya hanya coba berkenalan dengan teman yang belum saya kenal yang likes potluck saya (soalnya tiba-tiba beberapa hari ini mereka likes dan keluar notifnya, jadi sekalian deh kenalan) dan teman-teman yang DM (direct messages) ke saya untuk ngajak berkenalan dan ngajak camping.

Ini dia teman-teman baru saya :

  1. Faradila (IP Tangerang Kota)
    Kelas Favorit dan alasan : Bisnis. Karena sesuai dengan yang beliau tekuni saat ini (bisnis produk edukasi)
  2. Winarni (IP Solo)
    Kelas favorit : Manajemen waktu. Beliau ingin focus saja disana dulu karena juga masih banyak deadline di sekolah.
  3. Halida Rahmie (IP Padang)
    Kelas favorit : Manajemen waktu, Karena sesuai dengan kondisi beliau saat ini. Menurut beliau jika manajemen waktu berantakan akan berpengaruh sama emosi juga.
  4. Novi Fitriani (IP Asia)
    Kelas favorit : Bahasa. Jadi banyak belajar tips belajar bahasa
  5. Noura Fajari Luthfiati (IP Lampung)
    Kelas favorit : Manajemen ibadah. Karena inti dari hidup beliau untuk ibadan dan sesuai dengan mind map yang telah dibuat
  6. Anita Venera
    Kelas favorit : Manajemen waktu. Alasannya tidak jauh berbeda dengan saya, karena menurutnya jika manajemen waktu berantakan akan berpengaruh ke manajemen emosi. Manajemen waktu ini juga ada di dalam peta belajar beliau.

Sesi perkenalan ke member lintas regional untuk sharing mengenai kelas favorit dan alasannya ini seru menurut saya. Malahan ada yang sampai ngobrol Panjang, ada yang jadi tahu kalau dulu sempat di satu kota yang sama cukup lama, ada yang juga tinggal dekat dari Batam (Singapura).
Berikut saya coba sajikan diagram hasil sharing mengenai kelas favorit teman-teman baru saya :

Diagram diatas menunjukkan bahwa dari enam orang teman baru saya, tiga diantaranya memilih manajemen waktu sebagai kelas favoritnya, satu orang memilih kelas bisnis, satu orang kelas bahasa dan satu orang memilih kelas manajemen ibadah. Kelas manajemen waktu adalah kelas paling favorit bagi teman-teman baru saya. Sama seperti saya yang menjadikan manajemen waktu sebagai kelas favorit. Sekilas melihat tugas jurnal yang berseliweran di status facebook milik teman-teman, saya juga melihat manajemen waktu menjadi kelas favorit.

Terimakasih untuk teman-teman baru saya atas waktu dan kesediaannya bertukar cerita 🙂

#janganlupabahagia #jurnalminggu5 #materi5 #kelasulat #bundacekatan #buncekbatch1 #buncekIIP #institutibuprofesional

Leave a Reply