Jurnal 7 : Refleksi Belajar

Alhamdulillah sampai di minggu ke 7 kelas bunda cekatan batch 1. Jika minggu lalu bagi-bagi kado atau hadiah untuk tiga orang teman baru di kelas, minggu ini adalah saatnya melihat keranjang makanan saya dan memilahnya. Makanan utama yang saya dapatkan adalah  sebagai berikut :

  • Manajemen waktu ibu rumah tangga
  • Metode manajemen waktu Bullet Journal
  • Manajemen waktu dalam Islam
  • Keluarga besar Manajaemen waktu (Uluwatu)
    • Teknik pomodoro
    • Teknik heatmap
    • Teknik kandang waktu
  • Hadiah manajemen waktu (konsep dan strategi)
  • Hadiah manajemen waktu dalam islam (disampaikan Ustadz Adi Hidayat)

Revisi Peta Belajar

Revisi peta belajar

Dua minggu terakhir saya banyak menimbang dan berpikir megenai peta belajar yang telah saya buat. Akhirnya peta belajar tersebut saya revisi menjadi seperti gambar diatas. Mengapa di revisi? Padahal satu diantaranya masuk ke ranah tidak bisa dan tidak suka? Karena sebenarnya saya yakin kalau saya mau memberikan waktu lebih dibagian ini, saya bisa bahagia dan membahagiakan keluarga saya. Apa itu? Cooking. Selain itu juga kemampuan ini menurut saya memang saya butuhkan di kehidupan sehari-hari saya sebagai seorang ibu dan istri. Sebut saja ini menjadi practical life skill  saya dalam menjalankan dua peran tersebut. Toh selama ini ketika berhasil membuat satu masakan enak saya akan puas dan bahagia. Jadi mengapa tidak saya masukkan kemampuan ini kedalam peta belajar saya. Alasan yang sama mengapa manajemen keuangan saya tambahkan dalam peta belajar saya.

Jika ditanya apakah makanan yang saya dapatkan selama ini sesuai dengan peta belajar? Maka jawabannya iya. Tapi memang hanya satu kemampuan yaitu manajemen waktu. Karena diawal saya merencanakan tiga bulan ini untuk focus di bagian ini. Selama di perjalanan mencari makanan utama, saya banyak tertarik dengan cemilan lain yang tidak ada di peta belajar. Tapi hanya sebatas itu. Mencoba menerapkan mantra “menarik tapi tidak tertarik”. Diluar itu karena memang jam online saya sudah jauh berkurang untuk ngemil makanan cemilan tersebut. Jadi saya mengutamakan melahap makanan utama disaat jam online atau gadget time saya.

Proses belajar saya dalam manajemen waktu cukup menantang. Dikarenakan beberapa minggu belakangan ini saya dan keluarga lebih sering berada diluar rumah. Berpindah karena kegiatan satu dan lainnya. Adaptasi yang terus-terusan kadang membuat saya lengah dan tidak maksimal mencoba metode manajemen waktu yang ada. Oleh karenanya sampai sekarang saya belum mantap menggunakan salah satu metode yang ada. Masih combine dan tidak maksimal.

Kedepannya saya harus lebih strict lagi pada diri sendiri. Minimal meluangkan waktu setengah jam sehari untuk belajar teori dan praktek setiap hari. Terus berusaha membenahi diri. Memantaskan diri menjadi pribadi yang lebih baik setiap hari.

Leave a Reply