Senam Hamil

Sabtu 5 Desember 2017 berdasarkan rekomendasi dokter kandungan saya, saya mulai senam hamil di RS Awal Bross Batam. Bersama suami jam 09.15 saya sudah di meja pendaftaran (depan ruang IGD). Setelah melakukan pembayaran biaya senam sejumlah Rp. 90,000, dan diberikan kwitansi, saya diarahkan ke lokasi senam ruang magnolia lantai 2. Jadwal senam hamil di RSAB mulai pukul 10.00-12.00, pukul 09.45 saya sudah berada di ruang tunggu magnolia ditemani suami dan 2 ibu hamil lainnya.

Gatel diam saja menunggu, akhirnya saya mondar-mandir lihat-lihat brosur dan ruang sekitar, lalu mengajak kedua ibu hamil lainnya ngobrol-ngobrol. Usia kandungan mereka 35 dan 36 minggu. Seperti saya yang sudah 35 minggu. Nggak lama saya juga bertemu salah satu senior saya di sekolah dulu yang baru pertama ikut senam dan sedang menunggu hari lahiran yang kurang dari dua minggu lagi.

Pukul 10.15, belum ada tanda-tanda kami dipanggil untuk mulai senam. saya mulai celingak celinguk tuh. Nggak lama kemudian kami dipanggil bidan yang merupakan instruktur senamnya untuk ke ruang senam. Ternyata banyak juga ibu-ibu yang menunggu di ruang tunggu luar baru masuk untuk ikut senam hamil. Belakangan saya tahu, total jumlah peserta senam hamil 11 orang. Hanya 1 orang yang hamil anak kedua, 10 lainnya pertama kalinya ikut senam dan kehamilan pertama.

Sebelum senam kami dipinjamkan baju dan celana hamil, lalu diperiksa detak jantung bayi dan tensi darah. “deg deg deg deg deg….” suara detak jantung bayi terdengar dari alat yang ditempelkan ke perut peserta hamil satu persatu. Giliran saya diperiksa lalu tiba, ini kali pertama saya mendengar suara detak jantung baby dalam kandungan saya. excited! Seneng karena belum pernah kontrol dengan alat yang demikian.

“deg deg deg deg deg…..”  seketika terdengar suara keras ketika alat sebesar stetoskop ditempelkan dibagian kiri perut saya.

aah, itu suara detak jantungnya…” pekik saya dalam hati senang. Senyum-senyum mendengarkan suaranya, seolah mendengar detak jantung saya sendiri.

136, normal ya. Batasnya 120-150” Kata bidan menerangkan ketika melihat monitor pada alat yang ia gunakan.

“Tensi juga normal ibunya” lanjut bidan menerangkan.

“Alhamdulillah…alhamdulillah…” ucap syukur saya dalam hati. Sambil masih merasakan bahagia kali pertamanya mendengar detak jantung baby yang selama ini ada di perut saya, yang kemana-mana saya bawa, yang setiap hari jadi teman ngobrol, alhamdulillah.

Kembali ke senam hamil, saya dan ibu-ibu hamil lainnya masing-masing diberikan kasur matras dan satu bantal empuk. Bidan memulainya dengan sesi perkenalan dilanjutkan penjelasan mengenai manfaat senam hamil. Selama kelas, setiap gerakan dijelaskan detail bentuk dan manfaat gerakan tersebut. Mulai dari gerakan yang dilakukan saat berbaring sampai gerakan yang dilakukan dengan berdiri. Tidak semua gerakan diajarkan sekaligus dalam pertemuan ini. Karena menurut bidan gerakannya akan melelahkan dan lebih baik sedikit demi sedikit sambil dipraktikkan dirumah. Pertemuan selanjutnya bidan menjanjikan akan memberikan gerakan-gerakan senam baru. Demikian kurang lebih penjelasan Bidan. Karena sebagian besar memiliki usia kandungan 36 keatas, Bidan juga menjelaskan mengenai posisi dan cara ketika persalinan. Apa yang dilakukan dan tidak boleh dilakukan.

Sebenarnya ini bukan kali pertama saya melakukan senam hamil. Setelah ikut kelas online Hikmah Persalinan Maryam, sesekali saya melakukan senam hamil yang menjadi salah satu materi kelas tersebut. Nah serunya bisa ikut lagi senam hamil langsung seperti ini, saya nggak sendirian praktiknya, paling nggak seminggu sekali di hari sabtu ini saya bisa tos-tosan perut dengan ibu hamil lainnya, hehehe…kebayang kan serunya 🙂

Setelah senam selesai, ada sesi konsultasi juga, ngobrol bebas mengenai persalinan dengan Bidan. Peserta juga diberikan snack dan minum, jadi sambil ngobrol sambil ngemil. Maklum, bumil, gampang laperan.

 

Jadwal Senam Ibu Hamil

Setiap hari Sabtu pk. 10.00-12.00 WIB

Di Ruang Senam Magnolia

Lantai 2 RS. Awal Bross Batam

Biaya Rp. 90,000

 

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: